Artikel

Diposting pada: Tuesday, 16 November 2021

Manfaat Oatmeal Untuk Bayi

Bolehkah Memberikan Oatmeal Untuk Bayi Sebagai MPASI

Oatmeal dikenal sebagai makanan untuk penurun berat badan, sehingga banyak orang tua yang mengira bahwa pemberian MPASI oatmeal pada sikecil dapat membuat berat badan sikecil menjadi turun. Lalu, apakah fakta tersebut benar demikian? Agar Bunda tidak salah menangkap informasi, Yuk mari kita cari tahu penjelasannya disini.

Pemberian MPASI oatmeal pada bayi sebenarnya boleh-boleh saja ya bunn. Dikarenakan biji-bijian yang memiliki nama latin Avena Sativa ini cenderung aman untuk dikonsumsi dan juga mengandung berbagai nutrisi.

 

Bolehkah Memberikan Oatmeal Untuk Bayi Sebagai MPASI? – Bebicare

Untuk menjadikan oatmeal sebagai camilan MPASI, Bunda dapat mengolahnya menjadi bubur. Kemudian, tambahkan juga buah-buahan segar, seperti pisang, blueberry, atau strawberry, susu, madu, jamur, brokoli, atau kacang-kacangan, supaya rasanya lebih enak, sehingga sikecil suka mengonsumsinya.

Oatmeal Sangat Aman Untuk Diberikan Kepada Bayi

Oatmeal berbahan dari oat, yakni sejenis gandum utuh yang mengandung banyak nutrisi, meliputi protein, karbohidrat, serat, lemak sehat, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, Kalsium, Magnesium, Folat, Fosfor, Kalium, Zat besi. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan guna menunjang tumbuh kembang sikecil yaa bunda.

Akan tetapi, kenapa masih banyak yang ragu dalam memberikan MPASI oatmeal untuk sikecil? Mungkin salah satu alasannya ialah karena oatmeal menjadi salah satu menu makanan yang dikonsumsi untuk pelaku diet atau menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada oatmeal bersifat mengenyangkan dan mampu untuk mengontrol nafsu makan.

Meski demikian, Bunda jangan sampai menerima informasi tersebut secara mentah-mentah. Konsumsi oatmeal memang bisa digunakan untuk mengontrol nafsu makan sikecil, tapi ini hanya akan menjadikan ia tidak menginginkan camilan lain yang kurang sehat, dikarenakan perutnya sudah cukup kenyang setelah mengonsumsi MPASI oatmeal.

Kandungan karbohidrat, protein, dan lemak pada oatmeal juga mampu menyumbangkan kalori dan nutrisi yang cukup, sehingga dapat mendukung untuk kenaikan berat badan sikecil. Jadi, pemberian MPASI oatmeal aman-aman saja dan bisa menjadi alternative makanan lain yang diberikan untuk sikecil, terutama ketika ia sedang bosan dengan menu bubur.

Selain itu, kandungan serat pada oatmeal juga bisa membantu meringankan masalah sembelit pada sikecil yang baru saja belajar makan makanan yang padat. Oatmeal juga mengandung antioksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Nah, saat menjadikan oatmeal sebagai menu MPASI sikecil, pastikan oatmeal yang bunda berikan juga berkualitas baik yaa bun.

Oleh karena itu, Bunda disarankan untuk membeli oatmeal instant yang berkualitas dengan kemasan cup seperti yang ada di outlet BEBICARE BUBUR BAYI ORGANIK.

Waspadai Alergi Oats

Walaupun mengandung manfaat dan juga nutrisi untuk bayi, oatmeal juga dapat menyebabkan alergi pada sebagian anak. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein yang ada didalam oatmeal atau biasa disebut dengan avenin.

Oatmeal sebenarnya tidak mengandung gluten, akan tetapi beberapa produk oatmeal bisa tercampur dengan olahan gandum yang mengandung gluten.

Jadi, jika sikecil diketahui sensitive terhadap gluten atau mempunyai penyakit celiac, Bunda harus membaca label dikemasan oatmeal secara teliti guna memastikan bahwa oatmeal yang dibeli bebas dari gluten atau gluten free.

Reaksi alergi yang muncul setelah mengonsumsi oatmeal dapat berupa ruam kulit yang gatal, iritasi pada mulut, mual dan muntah, atau bisa juga sakit perut. Beberapa bayi bahkan mengalami sesak nafas dan syok anafilaktik akibat reaksi alergi yang parah. Kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan khusus dari dokter.

Selain itu, Bunda juga harus perhatikan tekstur oatmeal. Oatmeal memiliki tekstur yang agak kasar atau padat, sehingga untuk bayi usia 6 bulan masih belum bisa mengonsumsinya, jadi oatmeal disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi yang memiliki usia +8 bulan yaa bunn. Tujuannya ialah agar bayi tidak tersedak ketika mengonsumsi MPASI oatmeal.

Jadi, selama bunda memperhatikan hal-hal tersebut, Bunda boleh untuk mulai mempertimbangkan pemberian oatmeal sebagai MPASI bagi sikecil. Apabila Bunda masih ragu apakah oatmeal aman untuk sikecil, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi yaa Bunda.

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon