Artikel

Diposting pada: Thursday, 09 December 2021

Ciri-ciri Bayi Prematur Siap Mendapat MPASI

Bayi yang sehat dan lahir cukup sesuai bulan idealnya akan siap menerima MPASI pada usia 6 bulan. Sedangkan bayi yang lahir secara prematur bisa jadi memiliki waktu mendapat MPASI yang sedikit berbeda. Hal ini dikarenakan perkembangan bayi prematur dinilai bukan berdasarkan usia kronologis atau usia aktual sejak bayi dilahirkan, melainkan berdasarkan usia koreksi ya bunn.

Ciri-ciri bayi prematur siap mendapat MPASI

Menurut Konselor Menyusui dan La Leche League Leader, F.B Monika, Bayi prematur mulai diberi MPASI saat usia koreksinya telah mencapai 6 bulan. Untuk menghitung usia koreksi, Bunda bisa menggunakan rumus : Usia koreksi=Usia Kronologis – (40 – Usia kehamilan saat dilahirkan).

Misalnya bayi A dilahirkan secara prematur pada tanggal 19 Maret 2019. Usia kehamilan disaat bayi dilahirkan adalah 30 minggu berdasarkan dari pemeriksaan USG. Pada tanggal 11 Juni 2019, Usia kronologis bayi adalah 12 minggu. Jadi, perhitungan usia koreksi ialah 12 – (40-30) = 2. Jadi, usia koreksi bayi ialah 2 minggu ya bunn.

Kesiapan Makan Bayi Prematur Dan Bayi Yang  Lahir Cukup Bulan Bisa Berbeda.

Bunda tidak tepat apabila membandingkan tumbuh kembang dan juga kesiapan bayi prematur dalam mendapat MPASI dengan bayi yang lahir cukup bulan, walaupun usia kronologis kedua bayi saat itu sama-sama berusia 6 bulan.

Selain usia koreksi, perlu juga untuk dilakukan penilaian kesiapan secara individual dalam menerima MPASI ya bunn. Bunda dapat berkonsultasi terkait hal ini dengan dokter anak. Namun, umumnya beberapa bayi yang prematur siap menerima MPASI apabila ia memiliki beberapa tanda yang diantaranya ialah :

  1. Bayi tidak memiliki masalah menyusu.
  2. Ia dapat dduk dengan dukungan minimal.
  3. bisa mengontrol leher dan kepala yang baik.
  4. Dan menunjukkan ketertarikan pada suatu makanan.

Tanda yang lain ialah seperti bayi dapat mengambil suatu benda dan memasukkannya ke dalam mulut dan membuat gerakan seperti mengunyah, berkurangnya refleks menjulurkan lidah, dapat mengatur dan memberi tanda apabila ia kenyang seperti menarik atau menjauhkan kepala dari makanan, dan menutup mulut ketika ditawarkan untuk menyusu atau mendorong ASI yang telah masuk ke dalam mult sikecil ya bunn.

Jadi Bunda, sebelum memberikan MPASI kepada bayi premature, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak terkait kesiapan sikecil dalam menerima MPASI ya bunn.

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon