Artikel

Diposting pada: Saturday, 11 December 2021

Bayi Sering Buang Air Besar Setelah Diberi MPASI, Apakah Normal?

Bayi Sering Buang Air Besar Setelah Diberi MPASI, Apakah Normal?

Buang Air Besar (BAB) atau defekasi merupakan suatu aktivitas yang harus dilalui didalam kehidupannnya sehari-hari. Pada anak, pola defekasi sangatlah bervariasi dan juga sangat bergantung pada fungsi organ, susunan saraf, pola makan, serta usia anak.

Menyadari pentingnya Buang Air Besar (BAB) pada anak, beragam masalah pun mulai bermunculan. Dan dari Bunda-bunda juga banyak yang bertanya kepada mimin : “Apakah normal jika habis makan anak BAB?”

Mengutip laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kondisi dimana sikecil yang setiap habis makan langsung buang air besar merupakah hal yang normal. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan reflex gastrokolinya masih kuat. Refleks gastrokolikas ialah refleks tubuh dimana ketika lambung mulai terisi, maka usus besar akan mulai terangsang sehingga dapat menimbulkan sensai ingin buang angin besar.

Kotoran atau tinja yang keluar juga bukan berasal dari makanan yang baru saja sikecil makan ya bunn. Makanan yang dikeluarkan sikecil ialah makanan yang dimakan 3 jam sebelumnya, hal ini disebabkan oleh refleks normal saat sikecil makan.

Makanan yang dimakan secara tidak langsung keluar karena makanan dari mulut sampai ke anus membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Karena hal ini tentu melewati banyak proses seperti makanan yang masuk ke dalam mulut, kemudian ke lambung dan di dalam lambung itu sendiri juga membutuhkan waktu pengosongan sekitar 2 sampai 3 jam.

Selain itu, dikutip dari laman Baby Center, Remer Altman, selaku editor The Wonder Years : Helping Your Baby and Young Child Succesfully Negotiate the Major Developmental Milestones berpendapat bahwa ketika bayi diberikan ASI dan setelahnya selalu buang air besar, makan hal ini merupakan pertanda baik, yang berarti sikecil mendapatkan banyak susu.

Pada umumnya, jika gerakan usus si kecil cukup konsisten dan ia bertindak seperti biasanya, maka sering buang air besar bukanlah menjadi masalah. Namun, jika ada perubahan mendadak pada pola buang kotoran bayi, dan kotoran berubah menjadi sangat cair, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa sikecil sedang terkena infeksi ya bunn. Jika hal tersebut terjadi maka segera bawa ke dokter untuk mendapat pertolongan pertama.

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon