Artikel

Diposting pada: Tuesday, 14 December 2021

Kenapa MPASI BAYI Sebaiknya Tidak Dihaluskan Dengan Blender.

Kenapa MPASI BAYI Sebaiknya Tidak Dihaluskan Dengan Blender.

Membuat makanan bayi, tidak boleh sembarangan. Pada awal pemberian MPASI misalnya, sangat disarankan untuk memulai dengan makanan yang bertekstur halus atau lumat.

Ada beragam metode yang dapat Bunda pilih yaitu dengan cara melumatkan makanan bayi secara manual. Misalnya dengan cara ditumbuk atau di parut. Menurut penjelasan dokter anak yang praktik di salah satu RS Awal Bros Bekasi Barat dan RS Pemata Bekasi, Dr. Ayi Dilla Septarini, baik ditumbuk ataupun diparut sebenarnya sama-sama bagus dan boleh untuk digunakan dalam mengolah MPASI.

Metode yang tidak disarankan dalam mengolah MPASI ialah dengan cara di diblender. Kenapa ?

MPASI Bayi Sebaiknya Tidak Diblender

Menghaluskan MPASI dengan cara di blender membutuhkan banyak air. Yang dapat mengakibatkan volume makanan bayi yang menjadi lebih besar karena sudah tercampur dengan banyak air, nilai kalori dalam MPASI juga menjadi berkurang. Sehinga berat badan sikecil sulit untuk bertambah ya bunn.

“Tidak disarankan menggunakan blender. Pertama blender membutuhkan air supaya pisaunya dapat bergerak. Nah begitu di kasih air, ibarat susu diencerkan kalorinya lebih rendah, umumnya itu menyebabkan berat badan bayi tidak naik atau cuman naik sedikit”, Kata Dr, Dilla.

MPASI yang diblender juga terlalu halus teksturnya sehingga menjadi bayi menjadi sulit saat peralihan ke tahap tekstur makanan dari halus menuju kasar nantinya. Atau bahkan lebih buruknya pertumbuhan gigi bayi juga terhambat karena tidak terbiasa mengunyah makanan.

“Kedua teksturnya lebih halus, kalau teksturnya halus bayi akan menjadi sulit untuk naik tekstur kemudian harinya karena dia enggak terbiasa mengunyah. Hanya menelan-nelan saja. Ketiga tidak merangsang gusi untuk mengunyah, jadi tumbuh gigi sikecil menjadi lebih lama. Itu kerugian dari menghaluskan MPASI menggunakan blender,” tutup Dr. Dilla.

Nah, jadi begitu ya bunn, sudah jelas mengapa penggunaan blender untuk membuat MPASI bayi sebaiknya Bunda hindari.

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon