Artikel

Diposting pada: Friday, 17 December 2021

Ini Manfaat Dari MPASI Telur untuk Bayi

Ini Manfaat Dari MPASI Telur untuk Bayi

MPASI telur merupakan suatu makanan kaya protein yang dapat Bunda coba untuk diberikan kepada sibuah hati. Telur mudah di dapat dan harganya juga sangat terjangkau. Bunda tetap dapat memberikan asupan makanan bergizi untuk sikecil dengan memanfaatkan telur yang biasanya selalu tersedia di rumah.

Lalu, apa saja manfaat dari MPASI telur?

Salah satu manfaat telur yang paling utama ialah sebagai sumber protein hewani. Melansir dari Australia Eggs, telur merupakan makanan yang mengandung protein tertinggi di antara sumber protein lainnya.

Selain itu, telur juga mengandung 11 jenis vitamin dan mineral yang cukup komplit untuk mendukung kesehatan. Dengan makan telur, sikecil akan memperoleh sejumlah manfaat berikut ini :

  • Membantu proses tumbuh kembang sikecil.
  • Menguatkan tulang.
  • Mencerdaskan otak sikecil.
  • Menyehatkan mata dan organ-organ vital lainnya.
  • Membantu melancarkan metabolisme tubuh.

Apabila sikecil mengalami aleri, apakah boleh diberi MPASI telur?

Meskipun kaya akan manfaat, Bunda mungkin tidak memberikan telur untuk sikecil karena khawatir terjadinya alergi makanan.

Menurut American College of Allergy, Asthma, And Immunology, sekitar 2 persen anak di seluruh dunia memiliki alergi terhadap telur.

Akan tetapi, kabar baiknya ialah 7 dari 10 anak yang alergi telur biasanya tidak lagi alergi setelah ia mulai tumbuh besar, terutama di usia 16 tahun.

Untuk mengantisipasi terjadinya alergi, maka disarankan supaya sikecil tidak diberi makanan yang beresiko alergi seperti telur, kacang, dan seafood hingga usia 1 atau 2 tahun.

Meski begitu, sejumlah dokter anak dari Canadian Paediaatric Society menyatakan hingga sampai saat ini, belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa menunda makan telur dapat membuat anak tidak alergi.

Para dokter anak tersebut justru menyarankan sebalikya.

Lebih cepat anak di perkenalkan dengan telur, maka akan lebih baik supaya tubuhnya segera beradaptasi dengan protein tinggi yang terkandung di dalam telur.

Menurut mereka, telur sudah boleh diberikan sejak bayi mulai memasuki masa pemberian MPASI, yaitu sejak usia 4 atau 6 bulan.

Cara aman memperkenalkan MPASI telur

Meskipun dapat diberikan sejak bayi, pemberian MPASI telur sebaiknya tidak boleh sembarangan. Bunda dapat mencobanya sesuai langkah-langkah berikut ini.

  1. Ibu yang makan telur

Anak yang alergi telur biasanya menunjukkan gejala alergi tidak hanya dari makanan secara langsung, melainkan juga dari ASI.

Untuk memperkenalkan telur, cobalah Anda yang makan telur terlebih dahulu. Tujuannya supaya ASI yang di kecil minum mengandung protein dari telur.

Jika sikecil sudah mulai terbiasa dengan ASI yang mengandung telur, Bunda dapat mulai memberikan atau mengenalkan MPASI telur secara langsung.

  1. Memberikan kuningnya terlebih dahulu

Melansir dari Mayo Clinic, sebenarnya putih telur dan kuning telur dua-duanya dapat menyebabkan alergi. Namun, alergi terhadap putih telur cenderung lebih banyak terjadi.

Jadi, sebagai langkah awal, Bunda bisa memberikan kuning telurnya dulu untuk dimasukkan ke dalam MPASI. Jika sikecil sudah mulai terbiasa, perlahan baru diberikan putih telurnya.

  1. Beri telur yang sudah di haluskan.

Bayi berusia kurang dari 9 bulan biasanya belum dapat makan makanan padat.

Oleh sebab itu, sebaiknya Bunda tidak memberinya telur matang yang bulat. Putih telur yang mengeras dapat membuat bayi bisa tersedak.

Lebih baik Bunda memberikan telur yang sudah di kocok atau di haluskan.

  1. Tidak memberikan telur

Telur setengah matang memang lebih lembut dan mudah dimakan oleh sikecil.

Namun, makanan yang setengah matang berisiko terkena bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Sebaiknya Bunda memasak telur hingga benar-benar matang supaya bakterinya mati dan aman di konsumsi oleh sikecil.

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon