Artikel

Diposting pada: Saturday, 25 December 2021

Waspadai Gangguan Tumbuh Kembang Akibat Epilepsi

Waspadai Gangguan Tumbuh Kembang Akibat Epilepsi

Bebicareorganik.co.idEpilepsi merupakan suatu masalah neurologi yang cukup kronis dan banyak dialami oleh anak-anak. Akan tetapi, masyarakat masih kurang dalam mendapatkan edukasi dan pengetahuan yang benar tentang epilepsi pada anak.

Meskipun anak dengan epilepsi tetap berpeluang untuk dapat hidup normal. Namun pada kenyataanya berbagai masalah dapat menyertai anak dengan epilepsi, salah satunya ialah penyakit penyerta (komordibitas). Komordibitas dapat berupa perkembangan yang melambat, retardasi mental maupun gangguan sikap dan juga perilaku.

“Rentang waktu epilepsi komordibitas sebenarnya tidak ada penelitian pasti soal rentang waktu tersebut. Karena banyak faktor yang mempengaruhi. Semakin lama seseorang menderita epilepsi dan jika semakin berat juga. Maka angka komordibitasnya akan semakin tinggi juga,” jelas dokter neurologi anak tersebut.

Menurut Dr. Setyo, komordibitas epilepsi pada anak dapat disebabkan oleh penyebab epilepsi itu sendiri, berupa kerusakan atau gangguan perkembangan otak, dapat disebabkan oleh jenis epilepsi itu sendiri atau karena pengobatannya.

Komordibitas yang terkait dengan etiologi antara lain, disabilitas intelektual dan juga perkembangan melambat. Sedangkan komordibitas yang terkait dengan terapinya yaitu gangguan perilaku, seperti hiperaktif, tantrum, ketidakstabilan emosi, gangguan fungsi hati serta ketidakseimbangan elektrolit.

Dengan memahami komordibitas epilepsi, maka masyarakat yang memiliki anak penyandang epilepsi diharapkan dapat lebih mendukung mereka supaya patuh terhadap pengobatan, dengan melakukan kontrol ke dokter secara teratur dan tetap menjalankan pola hidup sehari-hari yang sehat.

 

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon