Artikel

Diposting pada: Tuesday, 28 December 2021

Tahapan pemberian MPASI 4 Bintang

Tahapan pemberian MPASI 4 Bintang

Cara pemberian menu MPASI 4 Bintang diberikan secara bertahap sesuai dengan usia bayi. Berikut tahapanya :

Untuk Usia 6-9 bulan bayi tetap harus diberi ASI EKSLUSIF dan juga menu MPASI 4 Bintang sampai 3 porsi sehari, dalam masing-masing diberikan mulai 2-3 sendok makan bertahan sampai 125 ml.

Pada usia ini, bayi mulai diajarkan tekstur makanan lumat dan kental. Untuk menyiapkan menunya, Bisa dengan cara disaring.  Untuk usia 9-12 bulan bayi juga tetap diberikan ASI EKSLUSIF dan menu 4 Bintang sampai 4 porsi sehari, masing-masing diberikan mulai 125 ml sampai bertahap hingga 200 ml.

Pada usia ini, bayi mulai dikenalkan dengan bahan makanan dengan tekstur sama dengan orang dewasa. Namun tekstur makanannya dibuat lebih lembut dengan cara dicincang, dicacah, atau bisa dipotong kotak-kotak kecil. Usia 12-24 bulan bayi tetap diberi ASI EKSLUSIF dan menu 4 bintang sampai 4 porsi sehari, masing-masing diberikan mulai 200 ml sampai 250 ml. Pada usia ini, bayi dapat diberikan bahan makanan sama dengan orang dewasa. Tekstur makanannya dapat dibuat lebih ramah bayi dengan cara diiris-iris kecil.

Amati respons bayi

 Dan mengingatkan pentingnya bagi orangtua mengamati respon bayi pada saat pemberian MPASI. “Setiap anak berbeda-beda. Orang tua perlu untuk responsive. Ada juga bayi yang perlu pelan-pelan dulu. Jadi satu minggu pertama di usia 6 bulan Bunda mulai memperkenalkan dulu semua rasa buah tanpa dicampur apapun”.

Namun, apabila ia mewanti-wanti supaya masa perkenalan MPASI 4 Bintang pada sikecil tidak terlalu lama. Tujuannya ialah supaya pemenuhan gizi sikecil dapat terpenuhi. “Kalau terlalu lama, bayinya dapat kekurangan gizi. Karena sejak usia 6 bulan, bayi sudah membutuhkan gizi lebih.”

Namun, ia mewanti-wanti agar masa perkenalan MPASI 4 Bintang pada bayi tidak terlalu lama. Tujuannya agar pemenuhan gizi si kecil bisa cepat terpenuhi. "Kalau terlalu lama, bayinya bisa kekurangan gizi. Karena sejak usia enam bulan, bayi sudah butuh gizi lebih. Karena kalau semua orang tua paham seperti ini, maka enggak ada yang namanya stunting pada anak”. Dr. dr. Tan Shot Yen, M.hum Dokter sekaligus pakar gizi. Terkait pemenuhan frekuensi pada pemberian MPASI 4 Bintang, maka orangtua juga perlu cermat.

Caranya dengan kembali memperhatikan respons anak. Apabila jatah ideal MPASI untuk bayi 6-9 bulan, tiga porsi sehari, masing-masing 125 ml dan bayi merasa keberatan.

Frekuensi pemberiannya bisa dibagi menjadi dua sesi. Misalkan sesi sarapan bayi bisa diberikan separuh porsi terlebih dahulu. Selang dua jam, berikan kembali jatah kebutuhan MPASI-nya. Demikian juga dengan pemberian MPASI 4 Bintang untuk sesi makan siang dan makan malam.

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon