Artikel

Diposting pada: Friday, 04 February 2022

Tips Supaya Sikecil Kuat Dalam Menjalani Puasa

Supaya Anak Kuat Menjalani Puasa, Ikuti 5 Tips Ini

Meskipun masih anak-anak yang belum akil balig tentu belum diwajibkan untuk berpuasa, Akan tetapi sebagai orang tua harus mulai melatih berpuasa semenjak anak masih kecil. Tujuannya ialah supaya sikecil pada saat tumbuh dewasa, ia dapat menjalankan puasa dengan baik.

Apabila sikecil sudah ikut berpuasa, Bunda perlu menjaga kesehatan sikecil supaya ia dapat menjalani puasa dengan baik. Bagaimana supaya sikecil kuat pada saat menjalani ibadah puasa? Yuk, simak tipsnya disini ya bunn…

  1. Pastikan Kebutuhan Nutrisi Anak Terpenuhi

Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak tentu lebih mudah lemas pada saat belajar untuk berpuasa. Itulah mengapa sebagai orang tua harus memenuhi asupan sikecil secara optimal, Supaya sikecil tetap bersemangat dalam menjalani aktivitasnya.

Pastikan kebutuhan kalori harian anak dapat terpenuhi melalui makanan pada saat sahur dan saat berbuka puasa. Khusus untuk anak yang masih berusia 7 tahun, jumlah kalori yang dibutuhkannya ialah sekitar 1.200-1.600 tergantung aktivitas dan juga jenis kegiatannya.

Penuhi juga kebutuhan protein dan juga vitamin anak. Berikan sikecil banyak buah-buahan dan juga sayur-sayuran yang dapat meningkatkan imunitas tubuhnya supaya lebih kuat dalam menjalani puasa setiap harinya. Selain buah dan juga sayur, Bunda dapat memberikan sikecil asupan suplemen multivitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian anak.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Anak

Tidak minum air selama belasan jam dapat menjadikan tubuh mudah mengalami dehidrasi. Maka dari itu, jagalah kesehatan sikecil pada saat berpuasa dengan memenuhi kebutuhan cairannya setiap hari. Ini dapat Bunda lakukan dengan memberi sikecil minum minimal 2 gelas air putih setelah berbuka puasa dan sebelum tidur, serta 2 gelas pada saat sahur.

Bunda juga dapat menyajikan menu makanan yang berkuah seperti sup untuk menambah asupan cairan sikecil. Ada baiknya sebagai tambahan asupan cairan, Bunda dapat memberikan buah-buahan sebagai snack. Jangan berikan sikecil makanan seperti keripik atau minuman soda, karena hal ini bisa mudah menjadikan sikecil cepat haus dan dehidrasi.

  1. Batasi Anak Makan Sembarangan

Di saat bulan puasa, berbagai macam hidangan yang enak dan lezat bermunculan untuk menggugah selera. Namun, tidak semuanya baik untuk kesehatan sikecil. Jadi, pastikan sikecil tidak mengonsumsi makanan yang pedas dan terlalu berlemak karena kedua hal tersebut dapat menjadikan sikecil sakit maag (gastritis).

Batasi sikecil dari mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan mengandung banyak penyedap rasa yang tinggi, karena dapat meningkatkan rasa haus. Hindari juga makanan cepat saji, goring-gorengan, dan yang terbuat dari tepung olahan.

  1. Anak Perlu Istirahat Cukup

Puasa juga mengubah waktu tidur anak dari yang biasanya bangun sekitar jam 5 atau 6 pagi, Jadi harus bangun jam 3 pagi untuk sahur. Jadi, pastikan anak tidur lebih awal pada saat puasa supaya tidak terlalu mengantuk pada saat sahur nantinya. Biarkan juga sikecil tidur sejenak setelah sahur. Walaupun berpuasa, sikecil sebaiknya tetap tidur minimal 8 jam dalam sehari. Jika perlu, minta anak untuk tidur siang setelah beraktivitas untuk menjaga staminanya selama berpuasa.

  1. Atur Pola Makan Anak

Pada saat waktu berbuka puasa telah tiba, Pastikan sikecil mengawali bukanya dengan makanan manis. Namun, pastikan juga ia mengonsumsi dalam jumlah porsi yang cukup dan tepat, Supaya kekuargan glukosa di saat puasa dapat kembali terpenuhi. Bunda dapat memberikan sikecil sebutir kurma atau the manis hangat. Ingat, batasi sikecil supaya tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan manis supaya ia tidak mengalami obesitas. Setelah itu, maka barulah sikecil dapat menyantap makanan berat. Pastikan sikecil juga tidak kalap pada saat berbuka puasa.

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon