Artikel

Diposting pada: Wednesday, 30 March 2022

5 Tips Untuk Perawatan Bayi Baru Lahir Di Bulan Ramadan

5 Tips Untuk Perawatan Bayi Baru Lahir Di Bulan Ramadan

Di bulan puasa kesibukan ibu yang baru melahirkan maka akan semakin bertambah. Oleh karena itu, Ibu tidak hanya mengurus bayi yang baru lahir, Akan tetapi juga akan disibukkan dengan urusan yang lainnya seperti menyiapkan sahur, memaak untuk buka puasa, dan sebagainya. Lalu apa yang harus dilakukan oleh ibu ? Berikut ini 5 tips perawatan untuk bayi yang baru lahir di bulan Ramadhan.

  1. Hindari Baby Blues Akibat Kelelahan

Kelelahan akan menjadikan ibu semakin merasa tegang dan akan meningkatkan resiko terkena baby blues. Cobalah untuk menerima bantuan dari orang-orang terdekat, seperti ayah misalnya. Nah, dalam perawatan bayi yang baru lahir. Maka, peran ayah juga sangat cukup besar. Disaat ibu merawat bayi, Ayah dapat membawakan makanan berbuka bagi ibu atau menguatkan secangkir the hangat pada saat sahur. Dukungan ayah akan membuat ibu merasa nyaman dan menghindari ibu terkena baby blues.

  1. Atur Jadwal Tidur

Mungkin sulit bagi ibu untuk tidur karena bayi perlu untuk sebentar-sebentar menyusu. Maka, pandai-pandailah untuk mengatur pola waktu beristirahat. Sebisa mungkin ibu tidur, Ketika bayi sedang tidur. Ibu  juga dapat memberi bayi stok ASI yang sebelumnya ibu sudah perah, Sehingga ibu dapat bergantian tidur dengan ayah. Dengan begitulah perawatan bayi baru lahir pada saat bulan Ramadhan akan semakin lancar.

  1. Optimalkan ASI

Perawatan bayi yang baru lahir akan terkait erat dengan ASI yang optimal. Ibu yang memutuskan untuk tetap berpuasa harus bisa mengatur asupan supaya ASI-nya tetap lancar. Untuk mengejar target 8 gelas cairan sehari, Pastikan ibu minum minimal 2 gelas air putih pada saat sahur dan sisanya bisa diatur pada saat berbuka.

Makan-makanan berprotein serta berserat tinggi juga akan membantu untuk menjaga nutrisi ibu menyusui selama jam puasa. Memerah ASI dan menyusui dapat dilakukan pada malam hari karena biasanya produksi ASI ibu pada saat siang hari akan menjadi berkurang.

  1. Jangan Takut Menggendong dan Memandikan

Perawatan bayi yang baru lahir, seperti menggendong, memandikan, dsb. Bisa sangat menakutkan bagi ibu baru. Ini reaksi wajar naluri keibuan yang merasa memiliki tanggung jawab besar pada bayinya. Apa yang harus dilakukan ? Yaitu selalu mencoba untuk tenang. Ibu juga dapat menimba ilmu cara perawata bayi yang baru lahir dari senior-senior yang sudah lebih terlatih, seperti Ibunda atau Ibu mertua.

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon