Artikel

Diposting pada: Wednesday, 16 September 2020

4 Langkah Menghindari Keracunan Makanan

Keracunan makanan adalah kondisi yang terkoreksi setelah gempa, muntah, atau diare setelah mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi. Kontaminasi tersebut dapat disebabkan oleh kuman atau racun yang masuk ke dalam makanan. kontaminasi tersebut dapat disebabkan oleh kuman atau racun yang masuk ke dalam makanan. Namun terkadang keracunan makanan disalahartikan dengan alergi. Namun jika dilihat dari efek yang ditimbulkan sebenarnya alergi dan keracunan makanan berbeda. Reaksi yang ditimbulkan oleh reaksi alergi sangat cepat jika dibandingkan dengan keracunan makanan.

Nah Bunda untuk menghindari keracunan makanan ikuti 4 Langkah praktis bagaimana menghindari keracunan makanan:

  1. Bersihkan

Sebelum pemeriksaan bahan pangan alangkah baik bunda cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun, selain itu cuci juga peralatan memasak seperti pisau talenan dan peralatan masak lainnya, agar lebih steril menggunakan air hangat agar bakteri mati.

  1. Pisahkan

Untuk  menghindari keracunan akibat kontaminasi makanan yang dipastikan terlebih dahulu bahan makanan yang rentan terbentuknya bakteri seperti daging, ikan dan telur ke suhu rendah. pisahkan juga talenan untuk memotong sayur dan memotong daging jauhkan juga makanan yang sudah matang dengan yang belum diolah sama sekali.

  1. Masak dengan Benar

Masak makanan hingga benar-benar matang. jika diukur menggunakan termometer maka pilihlah berada disuhu 60-82 derajat Celcius. karena pada kenyataan bakteri akan mati bila berada pada suhu yang pembantuan 70 derajat Celcius.

  1. Dinginkan

Bila memasak minimal berada disuhu> 65 derajat Celcius maka untuk menyimpan makanan disuhu rendah harus <5 derajat Celcius. dan tahukah bunda ternyata ada juga lho suhu berbahaya yaitu (zona bahaya) yakni suhu dimana bakteri dapat berkembang biak denga nyaman yakni suhu 4-60 derajat Celcius. Bunda juga harus menghindari menyimpan makanan terlalu lama agar kesegaran bahan makanan tersebut terjaga.

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon