Tips Aman Untuk Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

Tips Aman Untuk Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

Tips Aman Untuk Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

Sebagian ibu yang sedang masa menyusui, pasti akan merasa khawatir apabila puasa akan menjadi pengaruh pada kualitas gizi dan juga produksi ASI. Nah, Sebenarnya puasa bagi ibu menyusui bukanlah menjadi masalah. Namun, Ada beberapa hal yang sangat perlu dipahami oleh ibu menyusui sebelum mulai berpuasa.

Pada saat berpuasa, Maka tubuh ibu menyusui akan tetap memproduksi ASI sama seperti saat sedang tidak berpuasa. Bumil tidak perlu khawatir, berkurangnya jumlah asupan kalori yang dikonsumsi selama puasa tidak akan membuat perbedaan yang terlalu signifikan pada jumlah ASI yang di produksi.

Dari segi kualitas dan juga nutrisinya, Berpuasa dapat membuat kadar vitamin dan juga mineral, seperti seng, magnesium, serta kalium di dalam ASI sedikit berkurang. Akan tetapi, hal ini tidak terlalu berdampak pada bayi yang disusui.

Jadi, Menyusui di saat berpuasa masih boleh-boleh saja untuk dilakukan, karena hal tersebut akan sangat banyak mempengaruhi kesehatan bayi.

Tips Puasa bagi Ibu Menyusui

Sebenarnya, ibu menyusui diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Namun, Apabila tetap ingin menjalani ibadah puasa, maka ada beberapa tips yang dapat Bunda lakukan dirumah, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Supaya tidak merasa mudah lelah, Alangkah baiknya tidak melakukan aktivitas yang memberatkan selama menjalankan ibadah puasa. Usahakan memperbanyak istirahat di sela-sela kegiatan supaya tubuh Bunda tidak kekurangan energi.
  2. Ibu menyusui tidak boleh melewatkan sahur. Makanan yang dikonsumsi pada saat sahur akan menjadi sebuah cadangan nutrisi dan juga kalori selama menjalani puasa seharian. Maka dari itu, jenis makanan yang dikonsumsi pada saat sahur juga sangat perlu untuk diperhatikan supaya nutrisi Bunda tercukupi dan juga tetap bertenaga sepanjang hari.
  3. Ibu menyusui juga membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap, termasuk protein, karbohidrat, serat, lemak, sehat, serta vitamin dan juga mineral, seperti vitamin D, vitamin B, Asam Folat, Zat besi, ZINC, Selenium, Dan Kalsium.

Supaya asupan nutrisi ibu menyusui dan bayi tetap terpenuhi selama berpuasa, Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan untuk ibu menyusui selama menjalani ibadah puasa :

  • Sayur-sayuran, seperti brokoli, tomat, kol, jamur atau kentang.
  • Buah-buahan, seperti alpukat, mangga, pisang, dan jeruk.
  • Makanan laut, seperti ikan dan kerang. Namun, batasi konsumsi ikan yang mengandung merkuri.
  • Daging sapi, domba, atau hati
  • Kacang-kacangan, seperti kedelai, almond, dan kenari
  • Telur
  • Susu dan olahannya, seperti keju atau yoghurt
  1. Minum air putih yang cukup

Aktivitas puasa sembari menyusui juga dapat membuat Bunda beresiko mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan untuk memperbanyak minum air putih, minimal sebanyak 8 gelas per-hari atau setara dengan 2 liter. Minumlah2-3 gelas air putih pada saat sahur dan 5-6 gelas air putih setelah berbuka.

Ibu Menyusui Perlu Berhenti Puasa jika Mengalami Kondisi Ini

Walaupun menyusui pada saat berpuasa tidak memiliki banyak pengaruh pada kualitas dan kuantitas ASI, kondisi tiap ibu dan bayi tentunya berbeda-beda. Ibu menyusui diharapkan tidak terlalu memaksakan diri untuk berpuasa apabila sedang tidak dalam kondisi fit (sehat) atau merasakan beberapa keluhan seperti :

 

  • Kelelahan atau lemas
  • Demam
  • Urine berwarna kuning pekat dan berbau tajam
  • Sakit kepala
  • Pingsan
  • Rasa haus yang parah

Itulah berbagai tips puasa bagi ibu menyusui. Jika masih merasa khawatir jumlah dan kandungan nutrisi ASI tidak cukup bagi Si Kecil, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter. Untuk menjaga jumlah dan kualitas ASI Bunda, dokter mungkin akan memberikan suplemen dan menyarankan pola makan tertentu selama puasa.

Pesan sekarang !!

Produk Terkait

Alamat

Jl. Kolonel Sugiono No.21 Kepuh Kiriman, Waru Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61256
 

031-8662424

Telepon